Thursday, October 4, 2012

Melupakan Orang yang Pernah Kita Sayangi dan Cintai

Pernahkah kamu jatuh cinta ? Pasti sebagian besar dari kalian pasti pernah merasakan jatuh cinta. Cinta adalah sesuatu yang abstrak, sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata namun begitu kuat bila dirasakan. Cinta adalah sebuah anugrah yang diberikan Tuhan kepada setiap insan manusia. Cinta tidak berwujud, namun cinta sangat kuat bila dirasakan. Cinta dapat membuat logika menjadi tak berjalan lagi, cinta dapat membuat tangis menjadi senyum dan tawa, cinta mampu membuat kesendirian menjadi tak ada, cinta dapat melebur keras menjadi sebuah kelembutan, cinta dapat merubah yang buruk menjadi sebuah keindahan, cinta bisa membuat orang nyaman dan tenang karenanya, dan cinta yang membuat kita semua ada di dunia ini.

Karena sebegitu indah dan sempurnanya cinta, membuat orang yang ditinggalkannya menjadi tak berdaya. Orang yang ditinggalkan cintanya sangatlah sulit untuk bangkit. Sakit hati, yang demikian ini biasa disebut. Tak nampak dan tak terlihat, namun begitu sakit untuk dirasakan. Bahkan ada yang mengatakan "berani mengenal cinta, berarti berani untuk mengenal air mata". Kata-kata ini mengandung makna yang begitu dalam. Bahwasanya orang yang sudah berani mengenal cinta berarti dia sudah dianggap dewasa dan mampu menghadapi semua masalah yang menyangkut dirinya, seperti sakit hati, kecewa, dll.

Rasa sayang yang kita miliki dan kita curahkan terhadap orang yang kita cintai memang sulit untuk dilupakan. Kita bohong jika kita mengatakan "aku benci kamu, aku sudah melupakanmu", tidak mungkin kisah indah yang pernah kita jalin dulu bersama kekasih kita dapat kita lupakan atau bahkan hilang begitu saja. Tinggal kita yang menyikapinya saja, mau menerima kenyataan atau tidak. 

Melupakan seseorang yang pernah kita sayangi dan kita cintai adalah sesuatu yang benar-benar sulit, namun jika kita tidak melakukannya itu hanya akan memperburuk, menyiksa, dan menyakiti diri kita sendiri. Berikut sedikit tips untuk bagaimana cara melupakan seseorang yang pernah kita sayangi dan cintai.

Menerima kenyataan
Memang tak mudah menerima sebuah kenyataan pahit yang harus kita rasakan sendiri. Tapi apa yang bisa kamu lakukan jika memang begitulah kenyataanya. Yang perlu diingat adalah, cinta tidak akan bisa tumbuh jika dipaksakan, cinta tumbuh secara alami. Jadi jika memang kekasih kamu sudah tidak lagi menyayangi kamu tetapi kamu masih menyayanginya, maka terimalah kenyataan bahwa dia memang buakan milikmu.

Mencari kesibukan
Melupakan adalah hal yang sulit, cobalah untuk bisa mencari kesibukan baru untuk diri sendiri. Misal, menjalani hobi, refreshing, dll. Carilah kesibukan baru untuk kamu agar kamu tidak terus terbayang dan terpuruk pada hal yang itu-itu saja.

Hindarai dia tetapi tidak membencinya
Menghindari bertemu dengan dia dan berkomunikasi dengan dia. Kalian bohong jika kalian tidak terbakar hatinya jika kalian tetap bersikap seperti saat kalian bersama-sama, kalian hanya menyiksa hati kalian sendiri. Menghindar bukan berarti membenci, tapi jika memang kalian susah untuk melupakannya, maka point membenci dia adalah hal yang harus kalian lakukan.

Bercerita pada orang terdekat kalian
Memang ini sedikit tidak nyambung, tapi begini, kita tidak bisa melupakan orang yang pernah kita sayangi karena kita hanya memendam masalah sendirian saja, padahal jika kita mau berbagi masalah kita, tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi lega dan ikhlas menerima kenyataan yang ada.

Mencari penggantinya
Cara ini dilakukan jika kalian mungkin sudah setengah bisa untuk melupakannya. Jika sudah sidikit bisa kalian melupakan dia, carilah penggantinya. Carilah yang lebih baik lagi dari dia bukan yang mirip seperti dia, karena jika kalian mencari yang sama dengan dia maka kalian sama saja bohong. Carilah yang lebih segalanya dari dia baik fisik, sikap, maupun sifat. Dengan begini, perlahan-lahan kalian akan bisa segera melupakan dia.

Bencilah dia
Saya tidak menyarankan cara ini, tetapi ada sebagian orang yang akan lebih bisa melupakan seseorang yang dia sayangi dengan cara membencinya. Benci lah dia, ingatlah semua keburukannya, cara dia meninggalkan kamu dll. Lebih baik kamu membenci daripada menyakiti, baik menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Selalu percaya pada pilihan Tuhan
Selalu percaya dan yakin pada pilihan terbaik yang dipilihkan Tuhan untuk kita. Jika memang jalan perpisahan dengan kekasih kita adalah jalan yang terbaik yang telah ditunjukkan dan dipilihkan Tuhan, maka terima dengan ikhlas, dan yakin semua pasti akan indah suatu saat nanti.

Mungkin itu sedikit tips untuk melupakan seseorang yang pernah kita sayangi dan cintai. Jangan berhenti hanya karena patah hati, hidup harus tetap berjalan dan hidup harus tetap indah. 

No comments:

Post a Comment