Wednesday, January 16, 2013

5 Gejala Stres Ringan

Hilmawan's Weblog - Pernahkah anda mengalami stres ? Pasti tentu jawaban yang sangat pasti adalah iya. Stres dialami oleh semua orang dari berbagai kalangan usia termasuk anak-anak, jadi jangan mengira kalau anak-anak itu tidak bisa stres. 

Berbicara mengenai stres, tahukah Anda apa saja gejala yang mungkin akan timbul kala anda stres ? Simak baik-baik gejala-gejala stres dibawah ini yang mungkin secara tak sadar Anda sudah mengalaminya

gejala stres
1. Rasa mual dan tidak enak pada bagian perut
Bila Anda merasakan sesuatu yang tidak enak pada perut Anda entah itu pada sistem pencernaan atau apa yang berhubungan dengan perut Anda, waspadai itu adalah gejala stres yang telah menjangkit pada diri Anda. Kebanyakan berfikir membuat pola makan Anda kacau dan mengakibatkan hal-hal seperti ini.

2. Sering lupa
Waspadai bila Anda akhir-akhir ini sering menjadi pelupa. Stres terjadi karena pikiran Anda yang sangat berat dalam menghadapi sesuatu hal. Gejala ringan seperti ini harus segera Anda atasi sebelum akhirnya Anda mengalami stres yang bertaraf lebih besar lagi.

3. Sering melakukan hal yang tidak jelas
Ya benar, seseorang yang sedang stres biasanya melakukan hal-hal yang tak jelas yang dia sendiri tidak menyadarinya, misalnya : mengatup-ngatupkan gigi berulang-ulang, sering menghela nafas panjang, mengerutkan kening wajah, bermain rambut, mondar-mandir dan berpindah-pindah tempat, sering melamun, dan sebagainya. Waspadai gejala seperti ini karena mungkin saja Anda sudah mengalami stres tanpa Anda sadari.

4. Tidak konsen saat diajak bicara 
Karena keseringan melakukan hal yang tak jelas seperti melamun, orang yang sedang stres biasanya suka tidak nyambung alias tidak konsentrasi saat diajak komunikasi atau berbicara dengan orang lain. 

5. Sering pusing
Sering pusing juga merupakan gejala-gejala stres ringan. Anda yang sering mengalami pusing yang tarafnya sudah tak wajar lagi, sebaiknya segeralah berobat ke ahlinya. Karena bila terus dibiarkan, hal ini justru sangat merugikan dan membahayakan untuk Anda.

Bila Anda mungkin mengalami gejala-gejala seperti diatas, alangkah baiknya Anda segera menyembuhkan sakit Anda dengan pergi ke psikiater atau psikolog agar tidak berlarut dan mengakibatkan stres yang bertaraf berat yang dapat menyebabkan depresi, serangan jantung dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya yang dapat merugikan diri Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment