Wednesday, January 16, 2013

Tips Memulai Awal Sebuah Usaha atau Bisnis


Bila Anda adalah seorang yang awam dengan bisnis, dan ingin memulai sebuah bisnis namun masih bingung tentang apa yang harus Anda lakukan ? berikut ada sedikit tips singkat padat dan jelas untuk Anda yang masih pemula dalam dunia usaha namun bertekat untuk memulai sebuah usaha.

1. Jangan memikirkan modal, yang penting niat
Saya pernah mendengarkan seminar ekonomi waktu saya masuk kuliah perekonomian di awal. Pada seminar tersebut dikatakan bahwa untuk memulai sebuah usaha atau bisnis modal utama bukan uang dulu namun niat. Bila Anda sudah mempunyai niat untuk melakukan sebuah usaha, pasti nantinya jalan Anda untuk memulai usaha akan terbuka lebar. Namun bila Anda memang berencana untuk berusaha dengan menyiapkan modal sedemikian besar, itu tentunya bisa lebih baik lagi. Ingat, modal tak perlu besar, niatlah yang harus besar dan kuat.

2. Pilih usaha sesuai kesukaan atau hobi
Dalam seminar tersebut juga dikatakan bahwa memilih sebuah usaha yang nantinya akan kita jalani juga harus sesuai dengan hal yang kita rasa nyaman untuk melakukan usaha tersebut. Dalam hal ini, memilih usaha sesuai kesukaan dan hobi Anda lah poin yang dapat diambil dari situ. Misal Anda suka musik (seperti saya ini yang suka musik..hehe) maka jalankan usaha yang berhubungan dengan hobi Anda tersebut misal saja membuka studio musik, tempat karoke, produksi alat musik dsb.

3. Posthink (positif thinking)
Selalu berfikir positif saat Anda mau menjalankan sebuah usaha. Jangan berfikir yang negatif-negatif dulu seperti misal "gimana ya kalau saya gagal, gimana ya, gimana ya dst". Bila Anda terus-terusan berfikir seperti itu, Anda tak akan pernah berani mengambil langkah untuk memulai sebuah usaha. Resiko itu pasti ada, dan yang terpenting adalah bagaimana Anda menghadapi resiko tersebut sebagai dorongan untuk Anda semakin maju dalam menjalankan sebuah usaha.

4. Jangan takut gagal
Biasanya, orang sudah takut gagal duluan sebelum mereka mulai melakukan sebuah usaha atau bisnis. Pikiran-pikiran ini lah yang membuat orang jadi merasa kalah dan gagal duluan sebelum mencoba. Jangan takut gagal, karena resiko dalam sebuah usaha adalah konsekuensi wajib yang harus dihadapi. Namun dengan adanya resiko-resiko yang demikian jangan membuat Anda takut dan menyerah dulu, kareana begini, saya masih ingat waktu itu ada yang bilang seperti ini

"Habiskanlah masa gagalmu, dan raihlah masa berhasilmu"

Dari kata-kata tersebut dapat kita ambil kesimpulan begini : Tuhan memberikan sekian persen masa gagal pada diri kita yang harus kita jalani. Bila memang kita belum berhasil dan terus gagal, maka jangan menyerah, karena Tuhan hanya menjatah kita sekian persen masa gagal pada diri kita dan bila kita sudah pernah gagal maka sedikit demi sedikit masa gagal kita akan terlampau habis dan kita akan menemui suatu titik dimana masa gagal itu habis dan tinggal menikmati hasilnya saja, yaitu masa berhasil kita.

5. Belajar dengan orang yang sudah sukses
Bila Anda ingin sukses dalam usaha Anda, ya Anda juga harus tau gimana jadi pengusaha sukses pada orang yang sudah mendahului Anda dalam kesuksesan. Begini saja, semua hal pasti dimulai dari belajar dan belajar tak bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan dan pengajaran dari orang lain. Anda belajar di sekolah juga pasti ada guru yang mengajari Anda bukan. Demikian juga dengan berwirausaha, belajar pada ahlinya yang mereka memang sudah sukses duluan dari Anda. Tiru apa saja yang membuat dirinya jadi sukses seperti sekarang, dan aplikasikan pada diri Anda.

6. "Halted From Now" (Mulailah dari sekarang)
Bila memang Anda sudah berniat untuk berbisnis dan memulai usaha, jangan tunda-tunda lagi niat Anda itu. Mulailah dari sekarang bila Anda memang sekarang sudah mempunyai tekat dan niat itu. Ingat, apa-apa yang ditunda pasti hasilnya tidak akan baik, begitu juga untuk memulai sebuah usaha.

No comments:

Post a Comment