Saturday, March 9, 2013

Tips Menghindari Kejahatan di Angkutan Umum

Hilmawan's Weblog - Kejahatan di angkutan umum sekarang sudah bukan menjadi hal baru lagi dikalangan masyarakat. Bahkan kejahatan ini sudah seperti menjamur dan merebak layaknya hama. Tentu saja hal ini sangat merugikan bagi para penumpang angkutan umum yang hendak bepergian menggunakan layanan ini.

bis angkutan umum

Nah, kali ini, saya mau memberi tips kepada Anda semua bagaimana cara menghindari kejahatan di angkutan umum. Berikut tipsnya buat Anda

1. Jangan berperilaku dan menunjukan ekspresi layaknya orang baru
Maksudnya disini adalah, Anda harus selalu tenang dan tidak menunjukan ekspresi seperti orang baru atau pun seperti orang cupu yang tak tau menahu. Karena para pelaku kejahatan ini mengincar korban mereka yang kelihatan seperti orang tak berdaya dan terkesan seperti culun. 

2. Perlihatkan ekspresi seram kepada orang yang Anda curigai
Ekspresi seram ini harus ditunjukkan agar pelaku ketakutan saat melihat Anda. Lempar pandangan tajam dan dingin serta ekspresi yang keberanian, pelaku tidak akan mengincar korbannya bila korban terlihat seram dan tegas seperti tadi.

3. Jangan pernah duduk di kursi paling belakang
Pelaku kejahatan ini, mengincar korbannya yang duduk jauh di belakang dan jauh dari penumpang lain, karena aksi mereka tidak akan diketahui oleh penumpang lain. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan penumpang lain seperti di bagian paling depan atau tengah.

4. Pintar-pintar membaca situasi
Selalu pintar-pintar lah dalam Anda membaca situasi saat Anda naik di angkutan umum. Tetaplah terlihat tengan dan tidak gegabah dalam menghadapi situasi dan keadaan.

5. Jangan mengeluarkan benda berharga
Jangan pernah Anda mengeluarkan benda berharga Anda saat didalam angkutan umum. Hal itu akan memancing perhatian para pelaku kejahatan ini untuk melancarkan kejahatan mereka kepada Anda. Selalu bawa uang pas untuk membayar di angkutan umum agar Anda juga tak perlu mengeluarkan uang di dompet Anda.

Nah setelah Anda tau bagaimana cara menghindari kejahatan di angkutan umum, Anda juga harus punya kesadaran sosial yang tinggi bila mana Anda mengetahui ada penumpang lain yang sedang menjadi korban kejahatan ini. Apa yang harus Anda lakukan ?

Anda jangan egois, bila Anda tau penumpang lain sedang menjadi korban kejahatan ini, segeralah bertindak, seperti berteriak dan memberi tau penumpang lain untuk membantu Anda menolong korban atau langsung saja hampiri para pelaku dan hajar ditempat. Pasti penumpang lain akan membantu Anda, karena apa ? Ciri dari orang Indonesia, kalau belum ada satu orang yang bertindak, mereka juga akan diam dan tidak bergerak. Karena itu, saya bisa mengatakan bahwa kepekaan dan tanggung jawab sosial orang Indonesia masih sangat kurang. Untuk itu, jadilah orang yang mempunyai kepekaan dan rasa tanggung jawab sosial yang tinggi agar kita tidak jadi orang yang individual.

No comments:

Post a Comment