Saturday, May 18, 2013

Membuat Studio Rekaman Sendiri di Rumah ( Home Recording )

home recording
Hallo teman-teman, dah lama ni gak posting-posting ke blog aku..hehe. Nah, topik kita kali ini, saya mau bahas mengenai recording ya lebih tepatnya sesuai dengan judul yang saya ambil, saya mau membahas tahap awal memulai membuat studio rekaman di rumah alias home recording. Ok, langsung saja kita mulai bahas satu persatu apa aja yang kita butuhkan.

HARDWARE

1. Laptop / PC 
Yang paling utama dalam memulai membuat home recording adalah teman-teman harus punya dulu sebuah Laptop atau PC. Gak perlu spech yang tinggi-tinggi baget kok, standart aja lah, yang penting bisa jalan and sudah terdapat soundcard ( rata-rata sudah ada ). Kalau belum punya, ya beli dulu atau minjem juga tak apa-apa..hehe

2. Headphone
Kalau laptop atau PC udah di dapat, sekarang menuju ke perlengkapan recording berikutnya, yaitu headphone. Peran headphone disini sangat penting dalam hala editing audio nantinya setelah teman-teman melakukan recording. Ya, bahasa kerennya proses mastering, mixing, dan finishing..hehe Gak perlu headphone yang maha-mahal, cukup yang standart aja yang penting suara bisa didengar. Saya pribadi cuma menggunakan headphone yang kelas bawah yang harganya cuma 80 ribuan aja.

3. Microphone
Menuju ke peralatan selanjutnya yaitu microphone. Untuk microphone buat record, standarnya memakai microphone condencer bukan yang dynamic. Kenapa ? Karena mic condencer lebih luas jangkauanya dalam menangkap suara lebih mudahnya sensitifitas dalam mengambil suaranya lebih baik daripada dynamic microphone. Untuk mic condencer nya, bisa dibeli di toko alat musik terdekat..hehe dan soal harga, sesuaikan dengan kantong masing-masing. Untuk saya pribadi, saya menggunakan microphone condencer merk SAMSONS Go Mic USB, and kisaran harganya sekitar 475 ribu. 

Memakai dynamic mic juga bisa sih sebenarnya, tapi hasilnya kurang dan bisa saya bilang sangat kurang memuaskan, karena dari pengalaman pribadi saya, mesti melakukan editing yang memberatkan belum lagi ditambah noise yang kencengnya bukan main. 

Saran juga ni, kalau mau beli mic condencer, beli yang USB aja karena sudah tidak memerlukan phantom power, tau kan phantom power ? jadi gak perlu diterangin ya..hehe.

4. Keyboard
So, lanjut ke peralatan selanjutnya. Untuk membuat sebuah studio rekaman sendiri di rumah, teman-teman tak perlu beli banyak alat musik seperti gitar elektrik, bass, dan drum, cukup dengan satu alat musik saja yaitu keyboard. Merk apa aja gak masalah, asal bisa bunyi dan bisa dipakai. Di dalam keyboard kita sudah dapat banyak instrument alat musik lain seperti biola, bass, gitar, drum dan sebagainya, maka dari itu, cukup satu alat musik saja sudah cukup untuk buat satu rangkaian alat musik lainnya. 

Saran aja, pakai aja merek keyboard cassio atau yamaha yang kualitasnya menurut saya pribadi sudah mumpuni. Gak usah beli yang mahal-mahal, cukup yang harga 1 - 1,5 jutaan aja. Saya sendiri memakai keyboard merek YAMAHA PSR E213 yang saya beli pada tahun 2008 dengan harga 1,7 juta, dan suaranya juga gak kalah sama yang harganya mahal sob..hehe

TAMBAHAN

1. Gitar dan Bass
Untuk alat musik tambahannya untuk buat studio rekaman di rumah alias home recording, teman-teman bisa menambah alat musik gitar elektrik dan bass. Pake keyboard sebenarnya sudah ada juga alat musik dua ini, namun kan ada juga kan yang mungkin gak mantep kalau gak pake alat musik aslinya..hehe. 

SOFTWARE

Setelah kita tadi membahas mengenai hardware nya, sekarang pindah ke software nya. Untuk software perekamnya sih sebenarnya banyak sob dan masing-masing mempunyai keunggulan sendiri-sendiri, mulai dari Cool Edit Pro, Nuendo, Cubase, Adobe Audition, Sony Vegas, dll. 

Kalau ingin mudah ya gunakan saja Cool Edit Pro, kalau pengen yang lebih komplit lagi ya pake Nuendo atau Adobe Audition. Saya sendiri awal recordingan di rumah memakai software perekam Cool Edit Pro yang mudah cara menggunakannya dan hasilnya juga lumayan, bahkan sampai sekarang saya tak melupakan software tersebut..hehe. Namun sekarang saya lebih mengutamakan menggunakan Adobe Audition yang saya rasa cukup mudah juga dalam penggunaannya namun hasilnya juga mantap.

Jadi teman-teman tinggal pilih saja, semua kalau dipelajari itu mudah kok..hehe

Selesai deh, kalau sudah siap semuanya, teman-teman sudah siap memulai aktivitas rekam-merekam di rumah sendiri dan bisa melakukan kapan saja dan sepuasnya..hehe.
Ok, semoga info ini bermanfaat, don't forget komentarnya ya.

3 comments:

  1. cara downlad softwarenya gmana ya gan?

    ReplyDelete
  2. DOWNLOAD AJA DISINI,
    http://arimika90.blogspot.co.id/2015/08/download-adobe-audition-cs6-full-crack.html

    ReplyDelete