Sunday, July 21, 2013

Cara Merekam Vocal yang Berkualitas di Rumah

Selamat malam, ok, pada kesempatan kali ini, aku mau ngasih tau teman-teman sedikit pengetahuan kecil tentang musik memusik dan rekam merekam di rumah alias home recording. Bahasan kali ini tentang bagaimana cara take vocal yang bagus dan berkualitas di rumah tentunya tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

take vocal

Hal yang paling sulit dilakukan saat recording adalah saat mulai merecord suara ( vocal ). Kenapa ? karena ada 2 faktor yang menentukan apakah kualitas suara vocal akan bagus atau tidak, yaitu dari sang vocalisnya dan cara mentake alias saat proses pengambilan suara vocalnya. Wah, ribet ya aku ngomongnya..hehe.

Langsung aja deh, kita mulai dari si vocalisnya sendiri

Untuk vocalisnya sendiri tentu kita tau harus bisa mengerti tentang bab olah vocal ya gak harus master yang penting dikit-dikit mudeng gitu lah..hehe. Yang terpenting ya buat kalian para vocalis saat mau take vocal :
  • Intonasi harus jelas
  • Volume suara yang cukup
  • Jangan tegang
  • Nikmati lagu yang akan dinyanyikan
  • Jiwai lagu yang ingin dinyanyikan
  • Pelajari lagu
  • Percaya diri
  • Atur pernapasan yang baik
  • and yang terakhir lakukan se enjoy mungkin, lepas, dan free
Ok, setelah siap dengan point-point tadi, maka kamu sudah siap buat take vocal sekarang.

Yang berikutnya dari faktar proses saat pengambilan suara

Nah, setelah membahas faktor intern, kita bahas ekstern nya ni istilahnya..hehe ( ribet banget ya aku ngomongnya ). Apa yang perlu diperhatikan dalam hal ini ? 
1. Ruang yang cukup kedap suara
Saya bilang disini cukup kedap, gak harus kedap sekali seperti yang ada di studio rekaman karena kita disini membahas tentang home recording. Jika kita menggunakan kondencer microphone, maka kecilkan volume recordnya hingga 25 persen agar jangkauan menangkap suaranya juga semakin sempit. Tapi jika ini dilakkan, maka kamu yang harus sedikit mengeraskan suara kamu saat menyanyi. Jangan lupa juga pakai pop filter agar tidak treble saat kamu nyanyi. Bila tak punya, gak usah khawatir, asal kamu bisa jaga jarak yang konstan saat kamu menyanyi, maka treble itu gak akan terjadi.

2. Usahakan mic dan mulut sejajar
Untuk mendapatkan kualitas suara yang good, usahakan posisi mic apakan sudah sejajar dengan mulut kamu, ya minimal sejajar lah dengan kepala kamu. Kamu sudah ya berarti sudah siap, kalau belum ya diatur lagi..hehe

3. Posisi saat menyanyi, berdiri atau duduk
Posisi ideal saat menyanyi adalah berdiri atau duduk, jangan cari posisi lain. Usahakan badan tegak dan tidak menekuk agar nafas bisa keluar dengan semaksimal mungkin. 

Tips : ketika kamu mengambil nada tinggi, tidak usah sampai menengadah ke atas, itu hanya akan membuat nafas menjadi ngosngosan dan tidak lepas alias tertekan. Begitu juga sebaliknya, saat mengambil nada rendah tak perlu sampai merundukan kepala, karena hal itu juga hanya akan menghabiskan nafas kamu dan tidak membuat suara kamu jadi sampai atau good voice.

Tips : Saat memakai headphone, usahakan memakai disatu telinga saja, jangan dipakai semua agar kamu bisa mengontrol suara yang kamu keluarkan.

So, semoga infonya bermanfaat.

1 comment:

  1. Bermanfaat sekali Tutorialnya gan.
    Salam kenal...
    Online Music Arranger
    Jasa Aransemen Musik, Pembuatan Lagu, Jingle / Spot Iklan, Soundtrack dan pembuatan musik minus one secara ONLINE.

    ReplyDelete